IMADIUN: Perpustakaan Digital Kota Madiun

Madiun – Akhir tahun lalu tepatnya 13 Desember 2018, Perpustakaan Kota Madiun telah meluncurkan aplikasi baru  iMadiun atau bisa menyebutnya dengan Perpustakaan Digital iMadiun. Ada ribuan ebook dalam  aplikasi ini,  mudah diakses dan sangat praktis bagi para pemustaka dan peminat buku.

Ada yang menyebut perpustakaan iMadiun ini dengan istilah Digital Library (Perpustakaan Digital), Virtual Library (Perpustakaan Maya) dan E-Library (Perpustakaan Elektronik). Dan apapun sebutannya, istilah tersebut memiliki konotasi yang sama yaitu merujuk pada perpustakaan yang tidak berwujud, dan itu adalah sebuah trend baru yang sedang berkembang seiring dengan perkembangan tehnologi informasi.

Ada banyak kelebihan dari Perpustakaan Digital seperti ini, diantaranya :

  • Pemustaka/pengunjung dapat memanfaatkan layanan ini kapanpun dimanapun melalui akses internet maupun komputer.
  • Penyimpanan koleksi lebih mudah dan aman dibandingkan penyimpanan di rak-rak perpustakaan biasa, sehingga dapat menekan biaya perawatan buku.
  • Buku-buku kolesi lebih mudah mengakses.
  • Peminjam dan pengembalian buku lebih sistematis dan tidak perlu menunggu lama untuk proses panjang.
  • Pustakawan dapat dengan mudah memonitor ketersediaan buku serta merencanakan penambahan koleksi buku baru.
  • Aktivitas pemustaka/pengunjung dapat terekam dengan baik dan tersusun dalam bentuk data statistic, yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi pengambilan keputusan di kemudian hari.
  • Dan lain lain.

 

Saat ini, di Perpustakaan Digital iMadiun sudah tersedia ribuan buku dan akan terus dikembangkan di waktu-waktu yang akan datang, dan untuk memudahkan para pemustaka, sudah disediakan aplikasi yang dapat didownload dari Google Play Store, sedangkan yang versi windows dapat di download melalui link ini.