LAUNCHING PERPUSTAKAAN DIGITAL KOTA MADIUN 2019

Perpustakaan Digital Sekolah merupakan bentuk perpustakaan yang mempunyai koleksi buku dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan berbagai piranti teknologi informasi.
Hadirnya inovasi ini untuk mewujudkan bentuk penyajian informasi yang lebih hemat waktu, hemat tenaga, hemat tempat, hemat biaya, memperoleh informasi yang paling baru dengan cepat, mempermudah akses informasi dari berbagai sumber, dan memberikan solusi secara mudah untuk memindah dan mengubah bentuk informasi untuk berbagai kepentingan di lingkup sekolah serta siswa dapat meminjam buku secara digital sesuai tingkatan pendidikannya.

Begitu pula dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun yang mengawali langkah konkret dengan me-launching perpustakaan digital sekolah di tingkat SD-SMA dan Perguruan Tinggi se-Kota Madiun. Program ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya Pemerintah kota Madiun lewat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk meningkatkan minat baca warga kota.

Berdasarkan data Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, tingkat minat baca masyarakat di Kota Madiun saat ini mencapai 69,4 persen. Angka ini masih di bawah Jatim yang saat ini mencapai 74,1 persen.

Turut hadir pula Walikota Madiun dan seluruh tamu undangan dalam acara yang berlangsung pada Kamis (24/10) di SUN Hotel Madiun. Kedepannya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun ingin seluruh tingkatan sekolah dan perguruan tinggi mempunyai aplikasi perpustakaan digital,‘’Total ada 75 sekolah dan kampus di Kota Madiun yang sudah memiliki perpustakaan digital,’’ ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto saat ditemui setelah Peluncuran Perpustakaan Digital di Ballroom Sun Hotel Madiun.