STUDI TIRU DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN MAGETAN


MADIUN (12/8/2020). Bertempat di ruang Audiovisual lantai 1, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun kedatangan tamu dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan.

Kedatangan teman-teman dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan adalah untuk “ngangsu kawruh” tentang apa-apa saja yang harus dipersiapkan menghadapi persiapan akreditasi perpustakaan umum. Mengingat akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi nasional terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu, juga bertujuan memberikan penilaian yang obyektif transparan dan berkelanjutan terhadap pelayanan suatu program berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditetapkan. Sehingga kualitas lembaga tersebut dapat dilihat dari penilaian-penilaian yang tertuang sesuai borang akreditasi.

Momen ini juga digunakan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan untuk melihat bagaimana keadaan perpustakaan umum yang telah terakreditasi A oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, sehingga nilai plus yang ada di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun dapat diambil oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Magetan untuk diterapkan setelah “ngangsu kawruh”.

Tujuan kunjungan ini juga sebagai media sharing tentang bagaimana program-program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun dalam bergerak di bidang perpustakaan. (pep)