Webinar Bijak Berliterasi bagi Ibu dan Anak di Era Pandemi COVID-19


Madiun(22/9/2020). Masih dalam nuansa bulan gemar membaca, Dinas Perustakaan Kota Madiun untuk kali kedua telah melaksanakan Webinar bertajuk “Bijak Berliterasi bagi Ibu dan Anak di Era Pandemi COVID-19”. berlangsung hari Selasa 22 September 2020 di ruang Audiovisual Dinas Perpustakaan Kota Madiun, acara berlangsung dari jam 09.00-12.00 WIB dihadiri sebanyak 229 partisipan melalui Zoom Meeting berlangsung dengan meriah.

Bertindak selaku keynote speaker, Bunda Baca kota Madiun Hj. Yuni Setyawati, S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa peran seorang Ibu dalam lietasi keluarga sangatlah penting, yaitu bisa mendidik putra-putrinya, bisa memberi wadah, dan mentauladani khususnya kaum ibu agar melakukan segala aktivitas dengan penuh karakter sopan, santun, serta mempunyai budi pekerti yang luhur.

Dalam materinya, Bunda Baca Kota Madiun juga menyampaikan tentang peran Ibu sebagai madrasah/pendidik pertama bagi anak.
“Pengetahuan ibu dalam hal mengasuh anak pada masa sekarang bisa diperoleh dari mana saja, baik dari sharing ataupn membaca, termasuk membaca baik dari buku maupun dari media digital”, ungkapnya.

Turut hadir pula Dosen dari UNWIMA sebagai narasumber webinar, Dra. Agnes Adhani, M.Hum. yang menyampaikan materi tentang “Asyik, Bijak, dan Cerdas(ABC) Berliterasi Digital bagi Ibu dan Anak”.
“Literasi digital memerlukan 3 hal, kita memiliki pengetahuan dan kecakapan, mengenal media digital, jaringan, internet serta sehat, bijak, cerdas, cermat, taat, patuh hukum dalam berkomunikasi”, beliau juga menambahkan akan pentingnya ilmu saat haring informasi di era sekarang, jangan sampai jempol kita menjadi harimau bagi diri kita sendiri.
Dalam harapannya, mari kita menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan menginspirasi bagi sesama.
(pep)