WEBINAR PERSIAPAN AKREDITASI TAHUN 2021


Dalam upaya melanjutkan program Akreditasi Perpustakaan di Kota Madiun tahun ketiga, hari Senin 15 Februari 2021 bertempat di ruang audiovisual Perpustakaan Kota Madiun melalui zoom meeting, melaksanakan Webinar Persiapan Akreditasi Perpustakaan.
Acara yang berlangsung selama 3 jam ini turut menghadirkan 2 narasumber pustakawan ahli dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, diikuti oleh pimpinan lembaga serta pengelola perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, kecamatan, kelurahan, dan TBM di kota Madiun, turut hadir pula perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Madiun, UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Madiun, dan Kantor Wilayah Kementrian Agama Kota Madiun serta Pengawas Sekolah sebagai sistem pendukung pelaksanaan Akreditasi Perpustakaan Sekolah di Kota Madiun.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun Ahsan Sri Hasto, saat membuka webinar mengatakan, akreditasi perpustakaan dimaksudkan sebagai langkah untuk meningkatkan, memotivasi, hingga memberi pembinaan dan pengelolaan perpustakaan.

“Sedangkan tujuan akreditasi yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas serta mendapat pengakuan dari masyarakat terhadap kinerja perpustakaan,” ungkapnya. Senin (15/2).

Lebih lanjut Ahsan mengatakan, selama dua tahun terakhir jumlah sekolah maupun lembaga yang terakreditasi perpustakaannya semakin meningkat. Tercatat pada tahun 2019, terdapat empat perpustakaan yang terakreditasi A. Sedangkan pada tahun 2020, sebanyak delapan lembaga yang memiliki akreditasi perpustakaan A.
“Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh lembaga baik sekolah, kelurahan, kecamatan, hingga perguruan tinggi yang perpustakaannya belum terakreditasi untuk lebih maju dan kembangkan terus potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Melalui webinar ini, lanjutnya, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan dan motivasi sebagai upaya meningkatkan kualitas dan mutu yang dimiliki oleh masing-masing perpustakaan.
Salam Sehat, Salam Literasi